Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Tematik Penyusunan Perencanaan Bisnis Angkatan XI tgl. 9 s.d 12 Mei 2023 bertempat di Aula Pertemuan Umum Kelurahan Melayu Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Pelatihan tersebut di ikuti oleh 30 peserta yang sudah diseleksi langsung oleh Dinas PMD Kabupaten Kutai Kartanegara.


Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Balai PPMDDTT Banjarmasin (Bp. Ahmad Syahir, S.H.I, M.H) dan sambutan Kepala Dinas PMD Kab. Kutai Kartanegara (Bp. Ariyanto, S.Sos, M.Si) dihadiri oleh Tenaga Ahli dan beberapa Kepala Desa Kab.Kutai Kartanegara.


Kerhasilan BUM Desa diawali dengan perencanaan usaha bisnis yang tepat. Setiap akhir tahun, pelaksana operasional BUM Desa wajib membuat perencanaan tahun selanjutnya sebagai acuan program dan kegiatan yang akan dilaksnakan pada tahuan anggaran berjalan. Perencanaan yang dimaksud memuat semua perencanaan yang akan dilaksanakan oleh BUM Desa baik dari hal perencanaan usaha, perencanaan keuangan perencanaan program dan kegiatan ataupun perencanaan kerjasama seperti yang diamanatkan dalam Permendes PDTT Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan dan Pengembangan, dan Pengadaan Barang dan/atau Jasa BUM Desa dan BUM Desa Bersama yang sebagai terjemahan dari UU Cipta Kerja serta PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUM Desa.