Kotawaringin Timur. 09 Mei 2023, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kotawaringin Timur, Raihansyah di Parenggean membuka acara pelatihan Pengelolaan BUMDesa Tematik Manajemen Kelembagaan Angkatan XII di aula Kantor Kecamatan Parenggean. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 09 s.d 12 Mei 2023 dengan di ikuti oleh 30 peserta dari berbagai kecamatan dan desa di Kabupaten Kotawaringin Timur.


"Hal yang paling penting adalah bahwa pengelolaan BUM Desa harus dilakukan secara profesional, kooperatif, dan mandiri sesuai dengan karakteristik lokal dan ciri sosial budaya masyarakat. Dimana keberhasilan BUM Desa perlu dibarengi dengan tata Kelola yang yang baik, salah satu aspek yang harus dikelola dengan baik adalah aspek kelembagaan," Kata Raihansyah


Lemahnya pembangunan sumber daya manusia inilah yang membuat kapasitas kelembagaan dan kewirausahaan desa tidak berkembang. Penguasaan kemampuan manajerial yang kurang memadai pun menjadi kendala karena tidak mudah bagi desa mendapatkan seorang yang memiliki kemampuan manajerial unggul dalam hal pengelolaan usaha.


Oleh sebab itu, Balai Banjarmasin yang memiliki tugas untuk meningktan sumberdaya manusia di desa khusunya pengurus BUMDesa bertekad melaksanakan pelatihan ini dengan outcome yang jelas dan tepat.